KHASIAT KAYU RARU SEBAGAI PENURUN GULA DARAH

Berikut ini Pengalaman rekan Blogger Kita Saudari rayoktary

Kulit Pohon Raru,obat alternatif diabetes!

Oktober 9, 2009 oleh rayoktary

Mama tersayangku bulan Januari 2009, menderita diabetes akut, hampir saja di amputasi, karena luka nya sudah menjalar sampe keatas mata kakinya. Padahal luka tersebut bermula dari luka kecil di telapak kaki, kemudia dengan hitungan 5 hari menimbulkan bau yang tidak sedap dari nanah yang terus mengalir dari kakinya.
Rumah kami pun jadi bau ga karuan, akhir nya mama tersayang masuk RS.

Sudah banyak orang bilang, kalo dengan luka yang sudah parah seperti itu, dokter pasti amputasi kaki mama. dan ternyata memang benar, kami datangin 2 RS dan keputusan dokter semua nya sama, harus amputasi!!! Haduh lemes banget dengernya, apalagi yang punya kaki.. stress mikirin. Keluarga pun akhir nya berunding, apakah amputasi keputusan yang tepat ?? Akhir nya dengan segala pertimbangan kami sekeluarga pun menyerah, dan mengikuti saran dokter, karena kalo tidak segera di amputasi, luka tersebut akan memjalar dan mematikan saraf sekitar nya. Tidak lupa kami berdoa supaya Tuhan Allah memberikan kekuatan mental dan fisik untuk kami semua khusus nya mama yang punya kaki … :(

Tapi menjelang operasi, ketika dokter memeriksa gula darah mama, masih sangat tinggi, dan operasi nya pun di tunda minggu depan. insulin terus disuntikan ke tubuh mama. Mama ku yang umur nya 56 tahun, sudah kisut, kurus, disuntikin terus lagi .. pokok nya perubahan tubuh mama drastis turun.

Dan malam itu, ada seorang teman adikku , memberikan sepotong kulit kayu Raru, beliau menyarankan kayu raru ini dicampur dengan mahkota dewa kemudian digodok/direbus dikendi, kemudian diminumkan ke mama

. Kulit raru oleh masyarakat Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah biasanya dimanfaatkan
untuk campuran minuman tuak (minuman tradisional) yang diduga fungsinya untuk menghambat fermentasi. Hal ini didukung oleh Soerianegara dan Lemmens (1994), yang mengatakan bahwa kulit raru dapat digunakan untuk mencegah nira cepat berbuih dan untuk menghambat fermentasi minuman tuak dan anggur. Selain itu menurut informasi yang berhasil dikumpulkan kulit raru ternyata dapat digunakan sebagai obat penurun kadar gula (diabetes), malaria serta diare
. http://bpkaeknauli.org/index2.phpoption=com_content&do_pdf=1&id=70

Yang terjadi setelah 3 hari berturut-turut, kadar gula mama semakin menurun, dan hampir mencapai normal. Kemudian kelurga berunding agar mama segera di bawa kembali pulang, dan melakukan perawatan di rumah. yang penting tindakannya pada saat itu, gula darah mama harus kembali normal, infeksi luka berhenti, kemudian luka dikaki dapat segera disembuhkan seperti layaknya luka biasa.
 
Perjuangan mama tidak sebentar, tapi juga tidak terbilang lama, dokter memberikan prediksi kalo di bawa pulang tanpa amputasi kira-kira 2 tahun baru luka akan sembuh, belum lagi pemulihan gula darah dalam tubuh ..
 
Berkat perjuangan bapak, adik-adik ku, dan juga mama tentunya akhirnya pada bulan April 2009 menjelang pernikahanku, luka di kaki mama mulai mengering, gula darah kembali normal, sehingga mama bisa hadir di acara pernikahanku dan menyaksikan anak pertamaya menikah di depan altar. Mama juga tidak harus banyak pantang makan, hanya saja porsi nya di kurangi, karena mama sekarang sudah punya ajian khusus, “air godokan raru !!” hehehehhe. tapi tetep
aku yang bawel untuk selalu ngingetin pola makan mama.
 
Syukur pada Tuhan, sekarang mama sudah bisa kembali jalan normal, dan mama sudah kembali beraktifitas seperti biasa. Aku kembali bisa melihat mama ketawa, senyum, bisa makan masakan mama, bahkan sudah bisa mendengar mama bawel lagi.
Hikmat yang terpetik bagi keluarga, adik-adik ku yang sehat saat itu :
“Untuk selalu memberikan support, doa, perhatian yang lebih, serta selalu ada di samping mama. Untuk memberikan yang terbaik kepada mama saat itu, karena terasa sekali perbedaan saat mama sakit”.

Terimakasih untuk Tuhan , keluarga, adik-adik, dan suami ku yang selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga ku. ^^

 

 

About these ads

Tentang iswanto80

seoarang businessman sejati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: